Senin, 29 Maret 2010

Festival Museum Nusantara

Kali ini, saya mencoba membuat posting tentang Festival Museum Nusantara. Anda tak perlu kaget, karena blog ini dibuat dengan tujuan yang telah ditentukan, maksudnya, gimana maunya penulis saja. Makanya, blog ini diberi nama: Ada Ada Aza blog ini.

Mengapa saya mengambil topik Festival Museum Nusantara? Ini tiada lain dan tiada bukan karena sebagai anak bangsa, saya juga ingin ikut melestarikan budaya bangsa yang kian hari saya lihat ada penurunan, karena kurangnya kepedulian kita selaku warga negara akan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.

Pernahkah Anda mendengar pepatah, Harga Diri Sebuah Bangsa dapat dinilai dari Budayanya. Maksudnya apa? Ya, jika kita tidak bisa menjaga dan melestarikan budaya bangsa, maka kita akan kehilangan harga diri bangsa kita.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Mau tidak mau, bukan berarti akan menyalahkan teknologi, salah satu dari perkembangan teknologi adalah menggesernya nilai-nilai budaya. Termasuk keinginan untuk menilai budaya bangsa. Oleh karena itu, selaku bagian dari negeri ini, saya ingin berpartisipasi memanfaatkan keberadaan teknologi demi meningkatkan harga diri bangsa ini.

Museum? Ya, banyak sekali peninggalan sejarah yang terdapat di museum. Namun sedihnya, sudah jarang sekali anak bangsa, khususnya generasi muda yang mau mengunjungi museum untuk mengenal sejarah dan perjuangan bangsanya. Mereka (sebagian besar, tidak semuanya, koq), lebih senang berkunjung ke tempat keramaian yang sudah dimodifikasi dengan teknologi tingkat tinggi dari pada ke museum. Ini sesuatu yang harus kita perhatikan.

Sebenarnya, para pendiri bangsa Indonesia ini telah memikirkan hal ini sejak dahulu. Dimana, mereka bekerja keras agar nilai budaya dan identitas bangsa tidak hilang begitu saja. Oleh karena itu, salah satunya adalah dibangunnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Apakah Anda tahu apa itu Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? Atau pernahkan Anda dan keluarga berkunjung ke sana? Jika Anda belum pernah dan belum tahu tentang TMII, berikut saya kupas sedikit tentang TMII.

Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah Taman Raksasa, bisa juga disebut salah satu objek wisata yang dimiliki Indonesia, dimana di dalamnya ada sekitar 17 museum. Salah satunya adalah Museum Keprajuritan Indonesia. Harapan pemerintah membangun TMII ini, supaya Anak bangsa mampu mengenal budaya dan sejarah bangsanya sendiri. Hanya saja yang terjadi akhir-akhir ini justru sebaliknya, dimana seharusnya TMII menjadi tujuan wisata bagi keluarga Indonesia, justru lokasi yang sarat dengan pendidikan budaya bangsa ini semakin hari semakin ditinggalkan masyarakat.

Tingkat kunjungan semakin hari semakin menipis. Jangankan untuk berkunjung ke museumnya. Berkunjung ke Taman Mini Indonesia nya saja sudah enggan. Berbagai alasan dilontarkan mulai dari lokasi, suasana yang serius bahkan ada yang bilang Taman Mini berkesan sangat ‘jadul’.

Apa yang bisa dilakukan seorang blogger kelas bawah untuk ikut bepartisipasi mengkampanyekan kesadaran masyarakat untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini? Ya, saya hanya bisa membuat posting ini sebagai wujud partisipasi saya terhadap bangsa.

Salah satu ajakan kepedulian datang dari website Kemuseumyuk.com. Mereka, para anak bangsa yang peduli pada budaya, ingin mengajak segenap lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengkampanyekan “Festival Museum Nusantara TMII 2010″ melalui kontes SEO. Dan inilah wujudnya, saya turut berpartisipasi meramaikan Kontes SEO dengan Tema: Festival Museum Nusantara.

Semoga partisipasi posting ini bermanfaat dan memberikan partisipasi atau andil walaupun kecil untuk meramaikan kembali Museum Nusantara, khususnya pada ajang Festival Museum Nusantara.

Salam YAKIN SUKSES !!!

NB:
Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau sahabat merasa terhibur, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini!
Kunjungi juga sponsor kami di bawah ini.

Terimakasih.




1 komentar:

Harap diisi Komentar positif dan tidak melanggar SARA, ya... Bagus lagi jika ada cerita lucunya atau kisah inspiratifnya. Hehe...

Salam Ada Ada Aza !!!